Graha Mirai  BACK

Tips Agar Permohonan KPR Disetujui

Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan untuk membeli rumah. Menggunakan KPR tentu bisa menjadi solusi menarik bagi Anda yang ingin memiliki hunian, namun belum memiliki cukup uang untuk membeli secara tunai. 

Tetapi tahukah Anda, ternyata mengajukan pinjaman kredit rumah tidak semudah seperti apa yang dibayangkan, karena banyak juga permohonan kredit rumah yang ditolak oleh bank. Nah, agar hal tersebut tidak menimpa diri Anda, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Lengkapi Dokumen

Langkah pertama, lengkapi semua dokumen yang diajukan ke pihak bank. Mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah bagi yang sudah menikah, slip gaji, rekening koran minimal 3 bulan, surat keterangan pegawai tetap, dan NPWP.

Kelengkapan ini tentu sangatlah penting guna menunjukkan keseriusan Anda untuk mengajukan kredit, jika Anda lalai untuk melengkapi persyaratan tersebut, bisa jadi pihak analis bank akan menilai Anda tidak serius untuk mengajukan pinjaman kepada bank.

Pilih Nominal Pinjaman Sesuai Rasio Gaji

Pilihlah nominal pinjaman KPR sesuai dengan rasio gaji, karena pihak analis bank akan menghitung kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR. Pihak bank akan menghitung cicilan setiap bulan untuk KPR yang diajukan tidak melebihi sepertiga gaji bulanan. Anda bisa menyiasati limit pinjaman dengan mengajukan joint income (penghasilan bersama) antara suami dan istri.

Memiliki BI Checking yang Bagus

Pastikan BI checking Anda bersih dari tunggakan pembayaran hutang, karena pihak bank akan melihat riwayat pembayaran cicilan kredit Anda. Jangan sampai Anda masuk kedalam golongan 3 (melakukan keterlambatan pembayaran hutang 120 hari) karena permohonan KPR akan sulit disetujui.

Memiliki Sertifikat Rumah

Pastikan rumah yang Anda beli memiliki sertifikat rumah seperti Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB). sertifikat ini akan digunakan sebagai jaminan di bank.